IMAN TIMBUL DARI PENDENGARAN AKAN FIRMAN KRISTUS



Kitab Roma 10 : 17 Terjemahan Lembaga Alkitab Indonesia ( LAI )
Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Roma 10:14-15 (TB)
14 Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya?
15 Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: "Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!"

Romans 10:14-15 (KJV)
14 How then shall they call on him in whom they have not believed? and how shall they believe in him of whom they have not heard? and how shall they hear without a preacher?
15 And how shall they preach, except they be sent? as it is written, How beautiful are the feet of them that preach the gospel of peace, and bring glad tidings of good things!

Bagaimana mereka dapat percaya akan Yesus Kristus ? Jika mereka belum pernah mendengarkan fakta-fakta tentang Yesus Kristus.

Bagaimana mereka bisa mendengar tentang Yesus Kristus ? Bila tidak ada yang menceritakan kepada mereka tentang kebenaran Yesus Kristus.

Kitab Efesus 6 : 12 ( LAI )
karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Maksud dari ayat di atas bukan melawan pemerintah atau atasan yang kelihatan, tetapi alam roh yang jahat.

Terlintas dalam pikiran saya beberapa tahun yang lalu. Jika alam roh bagaikan dunia perang, maka seharusnya menjadi pengikut Yesus Kristus haruslah selalu siap siaga bagaikan prajurit yang siap untuk berperang. Perlengkapan perang harus selalu disiapkan. Perlengkapan perang yang saya maksud adalah selalu membaca firman Tuhan dan selalu berdoa pada-Nya. Agar kita tetap teguh dan kuat. Firman Tuhan bagaikan makanan yang sangat bergizi tinggi bagi prajurit yang harus selalu prima dan siaga dalam berperang.

Teringat oleh ku, zaman perang... Ada pasukan yang tidak banyak, namun bisa mengalahkan musuh yang jauh lebih banyak. Bahkan musuh yang berkali-kali lipat jumlahnya. Ini semuanya, pasti dengan seizin TUHAN. Namun disamping itu, pasukan-pasukan tersebut pasti taat dan tunduk pada atasannya. Sehingga bisa memenangkan pertempuran.

Berikut beberapa fakta yang membuat pasukan kecil bisa menang melawan pasukan yang jauh lebih besar menurut saya :

1. Dengan seizin Tuhan
Jika segala sesuatu tidak diizinkan-Nya terjadi, maka tidaklah akan terjadi. Sesuatu diizinkan-Nya terjadi, maka akan terjadilah.
Dengan seizin Tuhan, pasukan kecil akan mampu mengalahkan pasukan yang jauh lebih besar.

2. Tunduk dan Taat
Tuhan senang pada orang yang tunduk dan taat pada atasnya. Karena tidak mungkin seseorang menghormati yang tidak kelihatan, sedangkan dengan orang yang kelihatan saja tidak menghormati.
Dengan tunduk dan taat, maka pasukan kecil dapat sukses besar mengalahkan pasukan yang lebih besar namun tidak ada ketaatan pada setiap individu di dalam pasukan yang besar.

3. Terlatih
Tuhan menyenangi proses. Dan untuk menjadi terlatih memerlukan proses yang panjang.
Tidak heran pasukan kecil yang terlatih akan lebih mudah mengalahkan pasukan besar yang tidak terlatih dengan baik dan dengan disiplin tinggi.

4. Dengan mengeluarkan suara keras secara serentak
Pasukan yang kecil, jika mengeluarkan suara secara serentak dan dengan teknik-teknik tertentu. Akan membuat lawan menjadi getar dan lari ketakutan. Dengan mengeluarkan suara, juga membantu pasukan saling menguatkan. Sehingga pasukan yang sebenarnya kecil, akan terkesan berjumlah banyak. Jika suaranya dikeluarkan secara bersamaan. Sehingga pasukan yang sebenarnya lebih besar, akan ketakutan dan saat itulah pertempuran akan mudah dimenangkan oleh pasukan yang jauh lebih kecil.

5. Dengan taktik
Seni perang bukan hanya bicara soal jumlah, tetapi juga tentang taktik. Seorang ahli taktik perang, akan menyusun strategi dengan mempertimbangkan banyak hal agar kelompok kecilnya bisa mengalahkan kelompok yang lebih besar.

Bagaiamana cara yang paling efektif untuk mengabarkan tentang Yesus Kristus ?
Cara paling efektif adalah melalui kesaksian hidup, pengalaman pribadi anda bersama Yesus Kristus.


Di atas, saya sudah membahas di poin nomor 4 tentang mengeluarkan suara. Dengan mengeluarkan suaralah, kita bisa mengabarkan Injil Keselamatan. Saya tidak menyarankan anda mencari orang yang tidak anda kenal, lalu anda langsung bilang. Percayalah sama nama-Nya Yesus Kristus. Karena orang tidak membutuhkan sesuatu yang mereka tidak butuhkan. Jadi, bagaimana donk caranya? Anda pasti bertanya demikian.

Ciptakanlah minat pada orang yang anda ingin ceritakan kabar baik tentang Injil Keselamatan dalam dirinya. Biarlah dia yang banyak bertanya pada anda tentang siapa Yesus yang anda sembah. Dorong orang yang anda kasihi dengan cara membuat dia membutuhkan yang anda sembah, yakni Yesus Kristus.

Salah satu cara yang sebenarnya sangat mudah di dunia. Dan saya yakin boleh diterapkan di seluruh dunia. Yakni memasang pengeras suara pada setiap rumah ibadah ( Gedung Gereja ). Agar orang-orang yang berada di sekitar gereja mendengar sendiri tentang Tuhan Yesus. Dan biarlah Roh Kudus yang sudah ada dan telah ada dalam hatinya bangkit dan berkobar-kobar dalam nama Tuhan Yesus. Sehingga, orang-orang ini akan datang sendiri mencari Tuhan Yesus.
Tuhan Yesuslah yang akan membantu mereka dan memberikan pertumbuhan dalam diri mereka. Dan tugas gedung gereja adalah sebagai tempat bertemu dan membantu orang-orang yang rindu akan Tuhan untuk menjadi pelayan yang menghasilkan buah. Seperti di Gereja Bethel Indonesia Jalan Keting - Teluk Gong yang terus menerus melatih setiap orang yang terpanggil dan rindu dalam melayani Tuhan.

Pertanyaannya, mau kah kita sebagai orang yang sudah percaya. Mau mengusahakan hal ini? Agar orang disekitar gedung gereja bisa mendengar tentang kabar Keselamatan ini?

Saya sangat diberkati dengan lagu-lagu yang dinyanyikan di gedung gereja-gereja. Lagu-lagu yang dinyanyikan seolah-olah membuat hati saya terbakar dan menyala-nyala. Kadang memberi saya penghiburan saat saya sedih. Kadang menyemangati saya, saat saya lagi putus asa. Alangkah indahnya dan bahagianya saya, jika lagu-lagu ini juga bisa di dengar dan dinyanyikan oleh orang-orang yang rumahnya bertetangga dengan gedung gereja. Dan alangkah indahnya, jika nanti di surga saya  bisa berjumpa dengan mereka di sana. Bagaimana mereka bisa menyayikan lagu-lagu di gedung gereja dekat rumah mereka? Sedangkan mereka tidak pernah mendengar lagu-lagu yang luarbiasa yang memberkati orang-orang dalam gereja?

Jadi, inti dari blog saya kali ini. Untuk orang-orang yang berwenang dalam gedung gereja. Minta izinlah untuk memasang pengeras suara agar Injil Keselamatan bisa di dengar melalui lagu pujian anda kepada Tuhan. Sehingga lagu-lagu yang telah Roh Kudus ilhamkan membawa banyak jiwa bagi gedung gereja dimana anda melayani Tuhan. Dan nama Tuhan Yesus dipermuliakan di seluruh bumi.

Saran saya, pengeras suara dinyalakan saat pujian penyembahan dan khotbah saja.

Itulah cara yang akan membawa pertumbuhan bagi gedung gereja anda. Tujuan untuk memuliakan Tuhan dan memenuhi surga dengan orang-orang percaya.

-**********************************-

Mari kita ciptakan antusias orang yang belum kenal Tuhan Yesus dengan menceritakan pengalaman indah kita bersama Tuhan Yesus.

Menurut pengamatan saya, orang akan lebih antusias dengan hal yang dia tahu lebih banyak.

Coba anda pikirkan, apa yang sangat anda sukai?

Lalu bertanyalah pada diri anda sendiri. Seberapa banyak anda tau tentang hal yang anda sukai?

Coba pikirkan lagi. Apa yang tidak anda sukai? Misalnya main bola voly.

Lalu anda gali lebih dalam lagi ke diri anda. Seberapa banyak anda tau tentang hal yang tidak anda sukai.

Demikian juga jika anda mau mengajak orang lain suka dan percaya sama Tuhan Yesus. Anda harus menceritakan banyak hal tentang Tuhan Yesus. Hingga orang itu kenal dan antusias untuk mengetahui tentang Tuhan Yesus.

Mari kita lakukan percobaan dan pengamatan untuk mencari solusi agar kita mudah mengabarkan kabar baik tentang keselamatan melalui Tuhan Yesus Kristus.

Salam damai... Gbu all...

Sekat Kamar Mandi & Sekat Toilet
Post a Comment
Powered by Blogger.