RAJA BELSYAZAR


Kamis, 30 November 2017
Tulisan di dinding
Daniel 5:1-9 (TB)
1 Raja Belsyazar mengadakan perjamuan yang besar untuk para pembesarnya, seribu orang jumlahnya; dan di hadapan seribu orang itu ia minum-minum anggur.
2 Dalam kemabukan anggur, Belsyazar menitahkan orang membawa perkakas dari emas dan perak yang telah diambil oleh Nebukadnezar, ayahnya, dari dalam Bait Suci di Yerusalem, supaya raja dan para pembesarnya, para isteri dan para gundik mereka minum dari perkakas itu.
3 Kemudian dibawalah perkakas dari emas dan perak itu, yang diambil dari dalam Bait Suci, Rumah Allah di Yerusalem, lalu raja dan para pembesarnya, para isteri dan para gundik mereka minum dari perkakas itu;
4 mereka minum anggur dan memuji-muji dewa-dewa dari emas dan perak, tembaga, besi, kayu dan batu.
5 Pada waktu itu juga tampaklah jari-jari tangan manusia menulis pada kapur dinding istana raja, di depan kaki dian, dan raja melihat punggung tangan yang sedang menulis itu.
6 Lalu raja menjadi pucat, dan pikiran-pikirannya menggelisahkan dia; sendi-sendi pangkal pahanya menjadi lemas dan lututnya berantukan.
7 Kemudian berserulah raja dengan keras, supaya para ahli jampi, para Kasdim dan para ahli nujum dibawa menghadap. Berkatalah raja kepada para orang bijaksana di Babel itu: "Setiap orang yang dapat membaca tulisan ini dan dapat memberitahukan maknanya kepadaku, kepadanya akan dikenakan pakaian dari kain ungu, dan lehernya akan dikalungkan rantai emas, dan di dalam kerajaanku ia akan mempunyai kekuasaan sebagai orang ketiga."
8 Tetapi semua orang bijaksana dari raja, yang telah datang menghadap, tidak sanggup membaca tulisan itu dan tidak sanggup memberitahukan maknanya kepada raja.
9 Sesudah itu sangatlah cemas hati raja Belsyazar dan ia menjadi pucat; juga para pembesarnya terperanjat.

Renungan By : Ko Boy ( Pdt. George Emmanuel Liwandouw, S.Th )
BELSYAZAR:

1.Berstatus RAJA (ay.1)

2.Memiliki SERIBU pembesar (ay.1).

3.BERANI menggunakan perkakas2 Rumah Allah (ay.2)

4.Menyembah BANYAK dewa dr emas, perak, tembaga, besi, kayu & batu (ay.4).

NAMUN......begitu ALLAH menyatakan SECUIL kemuliaan-NYA, ia langsung: pucat, pikirannya gelisah, pangkal2 pahanya lemas, lututnya berantukan (ay.6) & sangat cemas (ay.9)!

>>>TAKUTlah akan Allah, wahai manusia..

🎯

Renungan By Ang Cin Hok ( AHOK )
Dari nast Alkitab di atas, saya belajar untuk tidak memakai perkakas TUHAN secara sembarangan. Karena itu adalah suatu kejahatan di mata TUHAN. Perkakas TUHAN zaman now, bisa diartikan alat-alat yang ada di dalam gedung gereja. Yang merupakan inventaris gereja. Jadi, harus di pakai seperlunya. Dan harus dikembalikan dengan baik. Artinya, barang yang dipakai harus di jaga.

Semua yang dilakukan haruslah memuliakan nama TUHAN. Karena TUHAN layak menerimanya.

Renungan By : Dimas Hariadi Darwin
BGA 30/11/16
Dan 5 : 1-9

Raja Belsyazar banyak hartanya, dihormati banyak orang, punya kebiasaan memuji dewa2nya.

Secara apa yang terlihat, Raja Belsyazar lifegoal, panutan banget. Namun, raja Belsyazar ternyata takut dengan tangan yang tiba-tiba muncul.

Setiap manusia punya rasa takut (terperanjat) sama hal yang ajaib, hal yang di luar kuasa manusia. Oleh karena itu, setiap manusia perlu Tuhan.

Hal ini yang membuat penjangkauan, pemuridan adalah kebutuhan setiap manusia yang perlu mengenal Tuhannya.

Selamat istirahat!

Tuhan memberkati





Sekat Kamar Mandi & Sekat Toilet
Post a Comment
Powered by Blogger.