MENGERTI KEHENDAK TUHAN


Selasa, 7 November 2017
SISA ISRAEL DISELAMATKAN
Yesaya 10:20-27a (TB)
20 Tetapi pada waktu itu sisa orang Israel dan orang yang terluput di antara kaum keturunan Yakub, tidak akan bersandar lagi kepada yang mengalahkannya, tetapi akan bersandar kepada TUHAN, Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tetap setia.
21 Suatu sisa akan kembali, sisa Yakub akan bertobat di hadapan Allah yang perkasa.
22 Sebab sekalipun bangsamu, hai Israel, seperti pasir di laut banyaknya, namun hanya sisanya akan kembali. TUHAN telah memastikan datangnya kebinasaan dan dari situ timbul keadilan yang meluap-luap.
23 Sungguh, kebinasaan yang sudah pasti akan dilaksanakan di atas seluruh bumi oleh Tuhan, TUHAN semesta alam.
24 Sebab itu beginilah firman Tuhan, TUHAN semesta alam: "Hai umat-Ku yang diam di Sion, janganlah takut terhadap Asyur, apabila mereka memukul engkau dengan gada dan menghantam engkau dengan tongkatnya, seperti yang dilakukan Mesir dahulu.
25 Sebab sedikit waktu lagi amarah-Ku atasmu akan berakhir, dan murka-Ku akan menyebabkan kehancuran mereka.
26 TUHAN semesta alam akan mencambuk mereka dengan cemeti, seperti Ia menghajar Midian di gunung batu Oreb, dan mengayunkan tongkat-Nya ke atas laut Teberau dan mengangkatnya seperti di Mesir dahulu.

ORANG ASYUR MAJU MENYERANG
27a Pada waktu itu beban yang ditimpakan mereka atas bahumu akan terbuang, dan kuk yang diletakkan mereka atas tengkukmu akan lenyap."

Renungan By : Dimas Hariadi Darwin
BGA = Baca Gali Alkitab
BGA 7 Nov 2017
Yesaya 10 : 20 - 27a

BGA yang kita baca hari ini berisi tentang janji Tuhan menyelamatkan umat Israel atas Asyur.

Tuhan berfirman bahwa hanya sisanya saja yang diselamatkan. Umat sisalah yang akan bersandar kepada Tuhan. Karena selama ini mereka bersandar kepada raja yang lebih perkasa daripada mereka. Tetapi ternyata raja tersebut, yaitu Asyur malah berbalik mengancam umat Israel.

Pada waktu pemulihan yang Tuhan janjikan, Tuhan berjanji bahwa akan seperti kejadian pada saat di gunung batu Oreb, di mana waktu itu Gideon beserta 300 orang "sisa" yang dipilih Tuhan mengalahkan Midian dan rajanya yang menghimpit dan membuat takut umat Israel sejak lama.

Juga seperti kejadian di laut Teberau ketika "Musa angkat tangan dan laut terbelah"

Tuhan berfirman betapa umat Israel gak perlu takut sama apa pun yang mengancam mereka. Karena, bukan karena Midian atau Mesir pernah mereka atasi ( PENGALAMAN PRIBADI ) tetapi karena KEPERKASAAN TUHAN yang melakukan semua ini.

Janji penyertaan-Nya juga nyata hingga saat ini. Seperti di Matius 28 : 20 "... Aku menyertai kamu senantiasa hingga akhir zaman." Dalam tugas kita melayani Tuhan dan generasi ini, Tuhan mengingatkan kita untuk bersandar, berharap, mengandalkan Tuhan saja dalam apa pun pergumulan kita.

Tuhan beserta kita.

Tuhan sanggup mengutus 1 orang pada peristiwa laut Teberau, atau pun 300 orang pada zaman Gideon bahkan 0 orang pada saat mengalahkan Asyur pada zaman raja Hizkia.

Betapa kekuatan Tuhan saja yang mampu melakukan semua ini. Mari berharap pada-Nya. Ikut apa yang Tuhan mau. . . Lemesin...

God bless you

Renungan By : Yuki Saliwijaya

BGA
Yes 10 : 27b - 34

Ketika masalah / tekanan / beban hidup berada di depan mata sering kali kita menjadi panik & ketakutan, sehingga membuat kita tidak dapat berpikir dengan baik dan respond yang kita keluarkan sering kali ingin cepat selesai atau tidak ingin berada lama-lama dalam situasi yang tidak mengenakkan terlalu lama.

Seperti dalam kisah Asyur terhadap umat Tuhan ( Perjanjian Lama = PL ) melihat secara strategis memang Bangsa Asyur sedang naik daun / Jaya pada masa itu, banyak orang di buat gemetar ketakutan, padahal saat itu Asyur merupakan Alat / diizinkan Tuhan berkuasa atas umat-Nya.

Dari hal tersebut hal yang bisa kita petik :
1. JANGAN PANIK ( 1 Petrus 4 : 7. Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah diri mu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa ).
2. Memohon & Berharaplah kepada Tuhan saja ( bisa di lihat oleh sang pemazmur bersandar dan berharap kepada Tuhan saja ;
Mzm 31 : 25 ;
Mzm 33 : 18 ;
Mzm 130 : 7 ;
Mzm 131 : 3 ;
Mzm 147 : 11; )
3. Segala sesuatu berasal dari Tuhan ( Ayub 1 :21 )
4. Segala sesuatu ada waktunya Kairos Tuhan ( Pengkhotbah 1 : 1 )

Gbu 🙏

Renungan By : Ahok
1. Tuhan ingin kita bersandar pada-Nya, bukan pada pacar, suami / istri kita. ( 20 )

2. Tuhan ingin kita mengakui dosa dan bertobat. Walau sebenarnya Tuhan sudah mengampuni sebelum kita mengakui dosa kita. Karena kasih-Nya yang begitu besar pada kita. Bagaikan orangtua menyayangi anaknya. ( 21 )

3. Tuhan memelihara orang yang berkenan dan terus mau diproses dan dibentuk oleh-Nya secara khusus. Seperti orangtua yang sangat menyayangi anaknya, maka orangtua akan mendidik anaknya dengan disiplin agar menjadi anak yang luarbiasa. ( 22 )

4. Tuhan tidak ingin kita takut kepada orang ( manusia ) yang diizinkan Tuhan untuk memproses kita. Tetapi Tuhan ingin kita selalu ingat pada-Nya. Dan mengandalkan-Nya dalam setiap sendi kehidupan kita. ( 24 )

5. Tuhan akan menghukum orang yang bersalah tanpa terkecuali kita. Karena Tuhan tidak membiarkan orang yang dikasihi-Nya menjadi anak-anak gampangan. ( 25 )

6. Tuhan akan memberikan pelajaran pada orang yang dipakai-Nya untuk memproses kita. Yang dengan kesombongannya, orang itu bermegah dan menyangkal tentang keesaan Tuhan kita. ( 26 )

7. Tuhan ingin membebaskan beban hidup kita, asal kita mau bertobat dan mau berserah pada-Nya. ( 27a )

Salam damai... By : Ahok ( ig : @angcinhok )





Sekat Kamar Mandi & Sekat Toilet
Post a Comment
Powered by Blogger.