IRI HATI TERHADAP KARUNIA TUHAN KEPADA ORANG LAIN MEMBUAT ANDA RUGI SENDIRI


Senin, 4 Desember 2017
Gua singa
Daniel 5:31 (TB)
Darius, orang Media, menerima pemerintahan ketika ia berumur enam puluh dua tahun.

Daniel 6:1-12 (TB)
1 (6-2) Lalu berkenanlah Darius mengangkat seratus dua puluh wakil-wakil raja atas kerajaannya; mereka akan ditempatkan di seluruh kerajaan;
2 (6-3) membawahi mereka diangkat pula tiga pejabat tinggi, dan Daniel adalah salah satu dari ketiga orang itu; kepada merekalah para wakil-wakil raja harus memberi pertanggungan jawab, supaya raja jangan dirugikan.
3 (6-4) Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.
4 (6-5) Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apa pun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya.
5 (6-6) Maka berkatalah orang-orang itu: "Kita tidak akan mendapat suatu alasan dakwaan terhadap Daniel ini, kecuali dalam hal ibadahnya kepada Allahnya!"
6 (6-7) Kemudian bergegas-gegaslah para pejabat tinggi dan wakil raja itu menghadap raja serta berkata kepadanya: "Ya raja Darius, kekallah hidup tuanku!
7 (6-8) Semua pejabat tinggi kerajaan ini, semua penguasa dan wakil raja, para menteri dan bupati telah mufakat, supaya dikeluarkan kiranya suatu penetapan raja dan ditetapkan suatu larangan, agar barangsiapa yang dalam tiga puluh hari menyampaikan permohonan kepada salah satu dewa atau manusia kecuali kepada tuanku, ya raja, maka ia akan dilemparkan ke dalam gua singa.
8 (6-9) Oleh sebab itu, ya raja, keluarkanlah larangan itu dan buatlah suatu surat perintah yang tidak dapat diubah, menurut undang-undang orang Media dan Persia, yang tidak dapat dicabut kembali."
9 (6-10) Sebab itu raja Darius membuat surat perintah dengan larangan itu.
10 (6-11) Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya.
11 (6-12) Lalu orang-orang itu bergegas-gegas masuk dan mendapati Daniel sedang berdoa dan bermohon kepada Allahnya.
12 (6-13) Kemudian mereka menghadap raja dan menanyakan kepadanya tentang larangan raja: "Bukankah tuanku mengeluarkan suatu larangan, supaya setiap orang yang dalam tiga puluh hari menyampaikan permohonan kepada salah satu dewa atau manusia kecuali kepada tuanku, ya raja, akan dilemparkan ke dalam gua singa?" Jawab raja: "Perkara ini telah pasti menurut undang-undang orang Media dan Persia, yang tidak dapat dicabut kembali."

Renungan By Ang Cin Hok ( AHOK )
Daniel orang yang taat dan setia pada TUHAN. Dia diberi kesempat melayani 3 orang raja asing dan memberikan telanda bagi kita sebagai murid TUHAN YESUS. Yang membedakan Daniel dengan pejabat-pejabat di zamannya adalah Daniel orang yang setia dan taat kepada TUHAN. Dan dia, Daniel tidak berhenti belajar dan mengasah kemampuannya. Sehingga dia masih diberi kesempatan untuk melayani raja, yakni raja Darius. Dan kisah Daniel ini sangatlah populer dikalangan sekolah minggu. Teladan yang diberikannya dan kesetiaannya sungguh patut dicontoh. Bahkan pegawai istana raja Darius mengakuinya.
"4 (6-5) Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apa pun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya."

Daniel walaupun tau akan dihukum jika memohon pada TUHAN. Dia tetap melaukan ibadahnya seperti biasa dia lakukan. "10 (6-11) Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya."

Zaman now, dalam hati kita sudah tergerak untuk mengakui TUHAN YESUS sebagai juru selamat kita. Tapi kita masih takut pada orang dilingkungan kita. Takut pada keluarga kita. Jangan lakukan kesalahan fatal. Tetaplah bersama keluarga anda. Dan tunjukkanlah dalam perbuatan anda. Bahwa TUHAN yang anda sembah adalah TUHAN yang adil dan penuh kasih. Tetap berdoa pada TUHAN dengan cara anda. Dan jangan keluar dari mulut anda perkataan yang menyinggung keluarga dan teman anda. Intinya tetap dekat sama TUHAN makan hikmat-Nya akan dicurahkan-Nya kepada anda seperti TUHAN memberikan hikmat pada Daniel.

Bagaimana dengan saya, yang terkadang hanya sedikit malas saja? Tidak beribadah dan melakukan persekutuan dengan TUHAN. Sedikit pun waktu tidak saya khususkan buat TUHAN. Dan melakukan hal baik di mata-Nya. Marilah kita belajar dari ketaatan Daniel dari masa mudanya sampai dia tua. Masih tetap mengingat TUHAN. Dan menjaga hubungan pribadinya dengan TUHAN.

Di nast Alkitab selanjutnya akan diceritakan kerugian yang dialami para pejabat raja Darius. Dan TUHAN menunjukan keadilan-Nya. Terus ikut blog ini dan bagikan ke teman-teman anda untuk bertumbuh bersama. TUHAN YESUS memberkati kita semuanya.





Sekat Kamar Mandi & Sekat Toilet

Post a Comment
Powered by Blogger.