TUHAN TIDAK MELUPAKAN KITA


Jumat, 1 Desember 2017

Daniel 5:10-16 (TB)
10 Karena perkataan raja dan para pembesarnya itu masuklah permaisuri ke dalam ruang perjamuan; berkatalah ia: "Ya raja, kekallah hidup tuanku! Janganlah pikiran-pikiran tuanku menggelisahkan tuanku dan janganlah menjadi pucat;
11 sebab dalam kerajaan tuanku ada seorang yang penuh dengan roh para dewa yang kudus! Dalam zaman ayah tuanku ada terdapat pada orang itu kecerahan, akal budi dan hikmat yang seperti hikmat para dewa. Ia telah diangkat oleh raja Nebukadnezar, ayah tuanku menjadi kepala orang-orang berilmu, para ahli jampi, para Kasdim dan para ahli nujum,
12 karena pada orang itu terdapat roh yang luar biasa dan pengetahuan dan akal budi, sehingga dapat menerangkan mimpi, menyingkapkan hal-hal yang tersembunyi dan menguraikan kekusutan, yakni pada Daniel yang dinamai Beltsazar oleh raja. Baiklah sekarang Daniel dipanggil dan ia akan memberitahukan maknanya!"
13 Lalu dibawalah Daniel menghadap raja. Bertanyalah raja kepada Daniel: "Engkaukah Daniel itu, salah seorang buangan yang telah diangkut oleh raja, ayahku, dari tanah Yehuda?
14 Telah kudengar tentang engkau, bahwa engkau penuh dengan roh para dewa, dan bahwa padamu terdapat kecerahan, akal budi dan hikmat yang luar biasa.
15 Kepadaku telah dibawa orang-orang bijaksana, para ahli jampi, supaya mereka membaca tulisan ini dan memberitahukan maknanya kepadaku, tetapi mereka tidak sanggup mengatakan makna perkataan itu.
16 Tetapi telah kudengar tentang engkau, bahwa engkau dapat memberikan makna dan dapat menguraikan kekusutan. Oleh sebab itu, jika engkau dapat membaca tulisan itu dan dapat memberitahukan maknanya kepadaku, maka kepadamu akan dikenakan pakaian dari kain ungu dan pada lehermu akan dikalungkan rantai emas, dan dalam kerajaan ini engkau akan mempunyai kekuasaan sebagai orang ketiga."

Renungan By : Ko Boy ( Pdt. George Emmanuel Liwandouw, S.Th )
Ay.11B Dlm zaman AYAH TUANKU ...

Di zaman Belsyazar, Daniel terlupakan.

Daniel diingat, hanya ketika dibutuhkan.

NAMUN ketika dibutuhkan, Daniel tampil PRIMA!

>>>Daniel melakukan dngn TERATUR:

1.BELAJAR _(memahami pelbagai hikmat, berpengetahuan banyak, mempunyai pengertian tntng ilmu, cakap  — 1:4)_.

2.BerRELASI dngn Allah (tiga kali sehari berlutut, berdoa, memuji Allah —6:11).

>>>PENTING bagi Allah: keTEKUNan kita (walau kita terlupakan manusia).

🙏🏻T🙏E🙏🏼K🙏🏽U🙏🏾N🙏🏿


Renungan By Ang Cin Hok ( AHOK )
Walau manusia bisa melupakan kita suatu saat nanti. Namun TUHAN tidak pernah melupakan kita. Karena TUHAN adalah TUHAN yang selalu ingat kebaikan kita. Hanya ada satu hal yang sering TUHAN lupakan, yakni dosa pelanggaran kita. Disaat kita mengakui dosa kita dan meninggalkan dosa itu. TUHAN melupakan dosa itu. Kembali ke nast di atas yang kita baca.

Anak raja Nebukadnezar yang berkuasa melupakan Daniel. Namun di saat dia ( raja Belsyazar ) mengalami hal yang mengelisahkan pikirannya. Barulah dia diingatkan oleh permaisurinya mengenai Daniel. Di sini Daniel di kisahkan memiliki pengetahuan dan kebijaksanaan untuk mengartikan mimpi dan hal-hal yang tak dapat dilakukan orang-orang yang berpendidikan di zaman itu. Saya percaya pengetahuan dan hikmat yang Daniel miliki berasal dari TUHAN. Bukan dari hasil usahanya sendiri saja. Dalam artian, Daniel mau dipakai TUHAN dengan dekat pada TUHAN dan mau dibentuk oleh TUHAN. Saya yakin Daniel juga belajar, bukan hanya berdoa saja dan santai-santai.

Pelajaran yang bisa diambil :
1. Ingat TUHAN selalu mengingat anda.
2. Tetap setia dan menjaga hubungan baik anda dengan TUHAN.
3. Selalu belajar dan melatih diri terus.
4. Selalu siap dipakai TUHAN setiap waktu.







Sekat Kamar Mandi & Sekat Toilet



Post a Comment
Powered by Blogger.